14 Juni 2014

Convert Decimal To DMS Format

Convert Decimal To Degree Minute Second

Alat-alat navigasi menyimpan data dalam bentuk Decimal, walaupun yang tampilan visualnya dalam format koordinat ataupun UTM, dalam kondisi yang tidak menguntungkan, selama alat masih bisa diakses, masih memungkinkan untuk mengambil data.

Seperti halnya waktu, ada satuan jam, menit dan detik, koordinat juga demikian, yang berbeda kadangkala untuk satuan detik, koordinat menggunakan sampai 3 dibelakang koma, yang mungkin supaya kelihatan keren kali ya, tapi umumnya tetap dalam satuan penuh. Koordinat terdiri dari 3 bagian, dari yang teratas derajat menit dan detik

Degree alias derajat ditulis dalam 1 kelipatan penuh, demikian juga dengan minute, sedangkan untuk second ada yang menuliskan 1 kelipatan penuh dan ada juga yang menuliskan sampai 3 dibelakang koma. Kalo dipikir pikir 1 kelipatan penuh sudah cukup akurat, karena tetap saja ada bias dalam setiap alat.

Disini kita membuat 3 fungsi, yang pertama untuk mengambil nilai Degree, kedua nilai Minute selanjutnya Second.
Function Dec_toDegree
Function Dec_toMinute
Function Dec_toSecond



kita pisahkan dulu sign nilai, jika bernilai negatif dijadikan positif, dan flag negatif disimpan dalam variabel "isminus", ini perlu dilakukan karena untuk perhitungan negatif tidak semudah pada nilai nilai positif.





Jika sudah sesuai dengan code2 diatas, kita coba pada sheet micosoft excel, untuk kembali ke lembar workbook excel bisa menggunakan shortcut ALT + F11 , demikian juga sebaliknya untuk kembali ke editor macronya.



Mudah mudahan nggak ada error ya coy




Tidak ada komentar: