16 Juni 2014

Angka ke Terbilang

Dalam pembuatan kwitansi, biasanya selalu diterakan jumlah nominal dalam angka dan terbilang, adanya terbilang mungkin untuk menegaskan dan supaya tidak bisa dimanipulasi kali ya, namanya juga uang, biasanya urusan bisa jadi sensitif.

Cukup banyak contoh contoh bagaimana merubah angka menjadi terbilang, salah satunya step by step akan kita bahas bagaimana menghasilkan kalimat dari nominal, alurnya dibuat sejelas mungkin untuk memudahkan dipahami.

Mari kita buka ms.excel kita, masuk ke visual basic dengan menekan tombol "ALT+F11", kemudian kita tambahkan sebuah modul supaya code yang kita buat bisa diakses dari semua sheet yang ada di workbook kita,disini saya buat fungsi misalnya dengan nama "sebutan"




Bagaimana jumlah digit nominal yang bisa jadikan terbilang ????? ,

Seharusnya ya bisa sampe dimana kita bisa menyebut angka itu, misal sejuta, satu milyar, dan seterusnya, kalo nominal yang nggak bisa menyebutnya ya nggak bisa, wong nyebutnya aja nggak bisa, apa lagi menuliskannya dalam bentuk kalimat, ya misalnya 1 dengan jumlah 0 100 kali, kan bingung mau nyebutnya.


Fungsi terbilang disini kita akan membatasi nominal sampai 12 digit saja, ini sudah cukup karena umumnya transaksi sampe 12 digit hampir tidak pernah ditemui, misalnya nominal 100.100.100.100 kita menyebutnya seratus milyar seratus juta seratus ribu seratus.

Dari contoh diatas bisa kita lihat, nominal terpisah dengan tanda titik, yang masing-masing adalah milyar, juta, ribu dan anggap yang terkahir satuan, jadi dalam fungsi, kita masukkan pengelompokan ini sebagai varible.



Demikian Juga untuk hasilnya, supaya lebih mudah dikelompokkan, kita buat variable untuk hasil sementara,
Karena kita hanya mengolah nominal maksimal 12 digit, kita juga perlu membatasi jumlah maksimalnya, disini kita menggunakan variable NilaiString



setelah itu baru kita masukkan pengelompokkan data awalnya



Supaya terlihat rapi, fungsi untuk mendapatkan terbilang perkelompok kita buat terpisah, anggap ini anak fungsi, disini saya berinama fungsi ConvertAngka



Berikutnya kita isi variable angka() dengan sebutannya, misalnya angka(1)="Satu",angka(2)="Dua" sampe angka 9,



Selanjutnya konversi nominalnya seperti ini




disini kita sudah selesei fungsi ini, kita kembali ke fungsi sebutan, dan kita mulai mengambil hasil fungsi konvertnya





Sekarang dah rampung macronya, tinggal testing di excel, tekan ALT+F11





Sukses kayanya, moga bergunalah wallll...

Tidak ada komentar: